Selasa, 16 Oktober 2012

sistem informasi akutansi


           1. Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.  

 2.  Perbedaan SIA  :
                  -SIM mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan semua    tipe informasi.
-Sistem informasi keuangan sistem informasi yang memberikan informasi kepada orang atau kelompok baik di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan mengenai masalah keuangan perusahaan.
-Sistem pelaporan manajemen
yang menyediakan pihak manajemen internal berbagai laporan keuangan bertujuan khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan, seperti anggaran, laporan kinerja, serta laporan pertanggungjawaban.
3.  Dalam siklus pencatatan transaksi jurnal dan posting kegiatan pencatatan dasar  sebelum   posting akun di buku besar.
4.  -Siklus Keuangan yaitu kejadian-kejadian yang berkaitan dengan peroleh dan manajemen dana-dana modal, termasuk kas.
     -Siklus Produksi yaitu kejadian-kejadian yang berkaitan dengan pengubah sumberdaya menjadi  barang dan jasa
    -Siklus Pengeluaran yaitu kejadian-kejadian yang berkaitan dengan perolehan barang dan jasa dari entitas-entitas lain dan pelunasan kewajiban-kewajiban yang berkaitan.
    -Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Definisi Pencatatan Buku Harga Ikhtisar siklus LaporanPerusahaan transaksi ke dalam Besar Pokok akuntansi keuangan Dagang jurnal khusus Pembantu Penjualan perusahaan dagang Neraca saldo, jurnal Rekapitulasi Jurnal penyesuaian neraca Laporan Khusus lajur laba/rugi, laporan perusahaan Posting dari jurnal modal, neraca, laporan khusus ke buku arus kas besar Menu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar